January's Activities!

/
3 Comments
Untuk bulan Januari ini, KIR masih tetep doong mengelola kompos, perkembangan terakhir: kompos KIR udah hampir jadi... mungkin sebentar lagi akan mulai dikemas, trus sesuai dengan tujuannya yaitu dijual ke sekolah hehe semoga laku amin amin...

Selain kegiatan kompos yang dilaksanakan rutin beberapa kali seminggu dengan sistem piket, bulan ini KIR melaksanakan 3 kegiatan lain, yaitu:


Eksperimen Hot Ice dan Water n' Pepper Trick
Bidang: IPA
Hari, tanggal: Sabtu, 9 Januari 2010
Tempat: Lab. Kimia, SMAN 28 Jakarta

Eksperimen yang pertama adalah Hot Ice, yang menggunakan alat dan bahan berupa:
- Gelas kimia
- Spirtus, kasa, dan kaki 3 buat "kompor"nya
- Pengaduk kaca
- Kristal natrium asetat (CH3COONa )
- Es batu
- Air

KIR kelas X-nya dibagi beberapa kelompok, setelah itu Taufik (Kabid IPA) mulai menginstruksikan langkah-langkah untuk memulai eksperimen. Tujuan eksperimen kali ini sih... to impress, mungkin? Begini nih prosedurnya:
1. Nyalakan pembakar spirtus
2. Masukan air secukupnya ke dalam gelas kimia
3. Perlahan, tambahkan natrium asetat secukupnya sambil diaduk
4. Panaskan di atas pembakar
5. Setelah panas (sampai kristal benar-benar larut), dinginkan sampai suhu kamar

Nah, sembari menunggu larutan di eksperimen pertama dingin, kami mulai melakukan eksperimen kedua. Yaitu Water n' Pepper Trick. Di sini alat dan bahannya terbilang sederhana, yaitu:
- Piring
- Lada bubuk (kalo bisa didapat dari biji lada yang dihancurkan sendiri, karena kalau pake lada bubuk yang di kemasan itu sudah bercampur dengan zat-zat aditif, dan dijamin eksperimennya ngga bakal sukses)
- Air
- Sabun

Nah, cara kerjanya:
1. Tuangkan air secukupnya ke piring
2. Tabur lada bubuk sampai merata (harus bener-bener rata dan jangan sampai ada yang mengendap di dasar piring)
3. Basuh ujung jari dengan sabun
4. Sentuh jari yang telah disabuni tadi ke permukaan air

Hasilnya: lada bubuk yang tadi tersebar merata di permukaan air, seketika langsung menyingkir. Kalau mau sempurna sih menyingkirnya bener-bener sampai ke pinggir piring, namun yang terjadi waktu kita mencobanya... bentuk lada bubuk yang menyingkir malah membentuk bintang.. hehe

Nah, beralih ke eksperimen pertama tadi. Ketika kita ingin mengangkat gelas-gelas kimia yang sedang didinginkan, tiba-tiba salah satu keran di lab copot. Akhirnya perhatian lebih tertuju ke sana, dan gelas-gelas kimia tadi terabaikan... ada "tangan-tangan" jahil yang main-main sehingga spoiler-nya terkuak!

Ya, jadi, sebenarnya, setelah didinginkan itu, prosedur berikutnya adalah mengolesi tangan dengan bubuk natrium asetat, kemudian menyentuhkan jari ke permukaan larutan... harusnya sih, begitu disentuh, larutan tadi langsung membeku! Namun karena sudah ada tangan-tangan jahil, larutan tersebut membeku tanpa kita ketahui... huff.. tapi masih ada satu gelas kimia yang terselamatkan, sih.

Setelah eksperimen selesai, mulailah setiap kelompok mengemukakan penjelasan ilmiah mengenai kedua eksperimen tadi. Untuk eskperimen hot ice, ada yang bilang pembekuan itu bisa terjadi karena larutan tersebut labil sehingga ketika disentuh, natrium asetatnya bisa langsung mengkristal lagi.

Sedangkan untuk eksperimen kedua, ada yang mengatakan kalau lada bubuk bisa tersingkir setelah disentuh dengan jari bersabun karena sabun mempengaruhi tegangan permukaan air dan.. wah banyak banget deh teorinya, lalu Taufik memilih dua teori yang paling mendekati. Setelah itu, acara ditutup. Yah, intinya hari itu kita bermain-main dengan sentuh-menyentuh..

Dua eksperimen di atas, kami dapatkan (boleh dibilang terinspirasi) dari dua video di bawah ini:

Hot Ice


Water n' Pepper Trick


Berikut foto-foto sewaktu eksperimen:





Game Pos
Bidang: Kreativitas
Hari, tanggal: Sabtu, 16 Januari 2010
Tempat: SMAN 28 Jakarta

Kali ini judulnya 100% main-main! Jadi kelas X dibagi beberapa kelompok (masing-masing 2 sampai 3 orang), nah setiap kelompok ditugaskan untuk pergi ke pos-pos tertentu yang dijaga oleh kelas XI. Nah total ada 6 pos. Yang mesti mereka lakukan ketika tiba di sebuah pos, adalah menyebutkan clue, dan kemudian PJ pos akan menyodorkan satu teka-teki yang mesti mereka pecahkan dalam waktu tertentu. Kalau gagal, ngga dapet tanda tangan PJ deh... nanti kelompok yang bisa dapat tanda tangan paling banyak akan dapat hadiah. Dan pemenangnya, yang dapet 5 tandatangan (kalo nggak salah) adalah kelompoknya Dwini dan Gerry!

Pertanyaan di masing-masing pos kebetulan ada di Taufik, jadi kapan-kapan aja di-postnya yah.. hehe.


Briefing
Bidang: Kaderisasi
Hari, tanggal: Rabu, 20 Januari 2010
Tempat: Ruang kelas

Sebagai persiapan pengukuhan. Membahas seputar tugas tanda tangan yang belum tuntas, lalu konsekuensi, dan mengukur kesolidan. Beberapa udah mulai aktif berbicara, mampu "membalas" argumen, memberikan alasan, udah lebih aktif sejak briefing-briefing sebelumnya. Harapannya sih biar nanti waktu pengukuhan bisa lebih mantap, karena kan di pengukuhan dibutuhkan kesolidan angkatan, keaktifan, kemampuan bernegosiasi, melobi, dan sebagainya. Beberapa memang masih perlu "diangkat" untuk speak up tapi pasti temen-temennya membantu memotivasi untuk bisa lebih aktif lagi.


*Tambahan nih, Sabtu kemarin (23 Januari 2010) untuk kali pertamanya KIR 28 mengikuti acara Pengenalan Aktivitas Riset Kelompok Ilmiah Remaja (PARKIR) yang diadakan oleh Forum of Scientist Teenagers (FOSCA). Diwakilkan dari KIR 28 adalah Gomat (ketua KIR) dan Taufik (Kabid IPA).

Dalam acara yang diadakan di Planetarium dan Observatorium Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta itu, banyak dijelaskan lewat talkshow berupa ajang lomba maupun non lomba yang bisa diikuti oleh KIR, FOSCA sendiri merupakan forum yang bertujuan mengembangkan KIR di daerah Jabodetabek. Harapannya sih, dengan ikut berpartisipasi di FOSCA, KIR 28 bisa lebih banyak kegiatan bermanfaat lainnya, amin.

Bonus extra: Foto KIR 28 angkatan XXII (kelas X)


Belum lengkap nih, sebenernya ada 3 lagi: Indeka,Wisnu, sama Hasfi (nggak tau ke mana)

Written by Gomat | Photos by Icha



You may also like

3 comments:

  1. wow.... pada narsis juga ya! wkwkwkw

    ReplyDelete
  2. keren2 semangat2
    kir yang sekarang makin keren aja

    ReplyDelete
  3. iyaa trima kasih ...

    emang pada narsis kayaknya :P

    ReplyDelete

KIR SMA Negeri 28 Jakarta ©2014. Powered by Blogger.