^^INVISIBLE INK^^

/
2 Comments
Salam Eureka!!
Tahun 2011 ditetapkan oleh PBB sebagai tahun kimia dunia. buat nyambut IYC atau International Year of Chemistry Kir 28 beberapa waktu lalu mengadakan kegiatan kimia yang termasuk ke divisi IPA. tenang aja belajar di kir 28 gak akan pernah membosankan kok.... pada bikin apa ya....?


Ada yang tau gambar diatas ini? bag yang sudah pernah menonton Harry Potter pasti tahu. Kali ini kir 28 akan mencoba membuat peta ini!! haha sebenernya gak gitu" juga hehe... kali ini kir 28 melakukan eksperimen bagaimana cara membuat "INVISIBLE INK", atau tinta tak terlihat. jadi kalian bisa menuliskan sebuah pesan namun hanya dapat dibaca oleh orang" yang mengetahui caranya. mau menjadi salah satunya? beginilah caranya......


Alat dan Bahan:
1. Lemon atau jus lemon
2. Sinar matahari atau pemanas lain
3. Kertas
4. cutton buds Cara kerja
Cara kerja:
1. Tulisilah kertas dengan sari lemon atau jus lemon menggunakan cutton buds sesuai keinginanmu.
2. Tunggulah hingga kertas mengering
3. Untuk memunculkan tulisannya kembali, panaskan kertas di bawah terik sinar matahari atau dibawah pemanas lain misalnya lampu pijar.
4. Cara lain untuk memunculkan tulisannya adalah dengan menaburkan garam keatas tinta yang sudah mengering. setelah beberapa menit, bersihkan sisa garam, untuk memunculkan tulisannya, sapukan pensil crayon berwarna pada kertas. maka tulisan akan terlihat.

Bagaimana? bisa gak?
Mengapa hal itu bisa terjadi? 
Air perasan lemon adalah zat organik yang mudah teroksidasi oleh udara.
Sehingga membuatnya menjadi cokelat dan transparan bila terkena benda yang mudah menyerapnya, misalnya kertas^^.



You may also like

2 comments:

  1. Kpm expo 6th. Mengundang rekan-rekan siswa sma dan sederajat untuk mengikuti lomba karya ilmiah. Untuk info silahkan ajukan pertanyaan melalui fb ini atau ke nomor 085259953082 (yanti) atau 08568650188 (umar). Anda juga dapat bertanya melalui blackberry messenger (pin bb:300670A4 atas nama ilham musz). Info juga bisa anda dapat di www.kpm-expo-unj.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. http://kpm-expo-unj.blogspot.com/

    ReplyDelete

KIR SMA Negeri 28 Jakarta ©2014. Powered by Blogger.